PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBIMBING MANAJEMEN WAKTU MENGERJAKAN UKBM (UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI) DI MAN 3 MEDAN

Authors

  • Azur Aini Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Fauziah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Irwan S Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.56832/pema.v3i2.349

Keywords:

Guru Bimbingan dan Konseling, Manajemen Waktu

Abstract

Manajemen waktu adalah waktu keterampilan dalam mengatur dan mengelola waktu dengan baik. Serta menjadikan waktunya lebih produktif dengan melakukan hal-hal yang dapat memberikan manfaat dirinya. Manajemen waktu memiliki peranan besar dalam keberhasilan belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Siswa tidak bisa mengatur waktu senggang dengan mengerjakan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri). 2. Kurangnya kesadaran dan pemahaman siswa terhadap manajemen waktu. 3. Siswa mengalami kesulitan dalam mengatur waktu dengan efektif.

Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan menggunakan subyek yang disebut informan yaitu guru BK, dan siswa kelas XI MIPA 6 MAN 3 Medan. Sumber data primer adalah guru BK, dan siswa. Sumber data sekunder adalah buku-buku atau hasil penelitian terdahulu yang dapat memberikan informasi terkait dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa  guru BK sangat berperan penting dalam membimbing dan memberi arahan untuk siswa memanajemen waktu. Tidak hanya guru BK, guru kelas dan orang tua juga dituntut untuk berperan aktif mengawasi dan membimbing siswa untuk memanajemen waktu dengan optimal dan produktif.

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Harahap, A. A., Nasution, F., & S, I. (2023). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBIMBING MANAJEMEN WAKTU MENGERJAKAN UKBM (UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI) DI MAN 3 MEDAN. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(2), 10–18. https://doi.org/10.56832/pema.v3i2.349

Issue

Section

Table of Content | Articles