PERAN GURU BK MELALUI KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI SISWA BERMASALAH DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Authors

  • Muchlis Fuadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sri Wahyuni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Muhammad Al-Farabi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.56832/pema.v3i2.352

Keywords:

Konseling Individu, Siswa Bermasalah, Guru BK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bk melalui konseling individu dalam menangani siswa bermasalah di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah serta guru Bimbingan Konseling di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.

Objeknya adalah penanganan siswa yang bermasalah di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada dasarnya telah menerapkan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dengan baik. Layanan-layanan telah diberikan secara maksimal kepada peserta didik, baik itu layanan bimbingan kelompok maupun konseling individual.

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Fuadi, M., Wahyuni, S., & Al-Farabi, M. (2023). PERAN GURU BK MELALUI KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI SISWA BERMASALAH DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(2), 45–52. https://doi.org/10.56832/pema.v3i2.352

Issue

Section

Table of Content | Articles