ANALISIS PEMAHAMAN GURU BK TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA (STUDI KASUS DI MAN 3 MEDAN)

Authors

  • Ilham Hamzah Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Keywords:

Pemahaman, Guru BK, Prokrastinasi Akademik.

Abstract

Pemahaman berarti tidak hanya sekedar mengetahui, tetapi juga mampu mengembangkan ide dan gambaran yang rinci terhadap hal yang dipelajari dan dipahami. Seorang guru BK dalam memahami kasus, tidak hanya sekedar mengerti permasalahannya atas dasar deskripsi yang telah dikemukakan pada awal pengenalan kasus semata-mata, Namun diperlukan pemahaman yang lebih mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pemahaman guru BK terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa di MAN 3 Medan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis Studi Kasus bersifat deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah Guru BK di MAN 3 Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Sudi Dokumentasi. Selanjutnya tekhnik analisis data yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Kemudian tekhnik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru BK terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa di MAN 3 Medan masih kurang. Hal ini terbukti dari hasil Analisis peneliti tentang Pemahaman Guru  BK di MAN 3 Medan bahwa guru BK belum pernah mengadministrasikan alat/instrumen BK non tes misalnya AUM PTSDL untuk memperoleh data (pemahaman) terkait masalah dan hasil belajar siswa.  Guru BK di MAN 3 Medan hanya melakukan pengecekan rutin terhadap jurnal UKBM, Rekapitulasi absensi siswa serta laporan dari Guru Mata pelajaran dan wali kelas, karena guru BK berasumsi bahwa dengan melakukan hal tersebut sudah cukup untuk memberikan pemahaman bagi guru BK dalam mengentaskan prokrastinasi akademik siswa di MAN 3 Medan.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Hamzah Hasibuan, I. (2024). ANALISIS PEMAHAMAN GURU BK TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA (STUDI KASUS DI MAN 3 MEDAN). PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(3). Retrieved from https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/pema/article/view/438

Issue

Section

Table of Content | Articles