Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul

Authors

  • Aulia Rika Harahap Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Andi Prastowo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Proses menyusun rencana pembelajaran adalah tugas wajib guru agar pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan pembelajaran yang akan terjadi. Penelitian ini berupaya menggambarkan kemampuan guru dalam menyusun dan perencanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam metode penelitian deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari narasumber yang telah di wawancara, sedangkan sumber data adalah guru-guru kelas yang berada di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik daftar cek (Check List), wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara yang dilakukan adalah wawancara semi  terstruktur. Berdasarkan analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: ketika akan menyusun perencanaan pembelajaran guru akan: (1) menjadikan silabus sebagai pedoman dalam merancang RPP, (2) guru harus memiliki 4 kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik yaitu kemampuan dalam mengembangkan dan menyusun perencanaan pembelajaran, dan (3) menyusun RPP sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Simpulan penelitian ini adalah kompetensi guru di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul dalam perencanaan pembelajaran, sudah terlihat dari cara guru merencanakan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan dengan memperlihatkan kompetensi sebagai seorang guru yang khususnya memiliki kompetensi pedagogik dalam merencanakan pembelajaran di sekolah.

References

Affandi, M & Badarudin. (2011). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.

Ananda, Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Uni Sahara Br. Barus. (2019). “Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dasar (Metodologi dalam Islam)” Nizhamiyah, 9(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/548.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Mikyal Hardiyati. (2019). “Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2). http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/5210.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Salminawati. (2020). “Pemetaan Penelitian pada Bidang Pendidikan Dasar Islam” Jurnal Bunayya, 1(3). http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/bunayya/article/view/90.

Fathurrohman, A. (2016). “Perencanaan Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Dalam Materi Pendidikan Agama Islam Di Kabupaten Pasuruan” Tadjid, 5(2). http://ejournal.inismupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/20.

Lubis, M.A. & Azizan, N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Kencana.

Mariani, I, M. (2018). Pengantar Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bali: LPMP.

Marwiyah & Alauddin. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Jakarta: CV Budi Utama.

Mawardi. (2014). “Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 Dan Implementasi Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK” Scholaria, 4(3). https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/96.

Nadzir, M. (2016). “Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2). http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/18.

Nurhasanah. (2018). “Metode Drill Dalam Perencanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar” Disertasi. (Unpublished). Jakarta: SD Negeri Pitara 2.

Nursobah, A & Aflaha (Eds.). (2017). Perencanaan Pembelajaran di MI/SD. Lekoh Barat Bangkes: Duta Media.

Prastowo, Andi. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Putro, S. C. & Nidhom, A. M. (2020). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Ahlimedia Press.

Sari, N. M. (2018). “Implementasi Perencanaan Pembelajaran Tematik dalam Frame Kurikulum 2013” KID, 1(2). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/449.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, R. A. & Mushlih, A. (2019). Desain Perencanaan & Pembelajaran. Jakarta: CV Budi Utama.

Suwandayani, B. I. (2018). “Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 Di SD Negeri KA Uman I Malang” Jurnal PGSD, 2(1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1214.

Syafaruddin, et.al. (2020). “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Bunayya Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8966

Syafaruddin, et.al. (2020). “Kompetensi Guru dalam Perspektif Islam” Jurnal Al-Fatih, 3(2). http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/93.

Vidiarti, Erni. (2019). “Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penyusunan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2). http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpai/article/view/5858.

Yunus, H. & Alam, H. V. (2015). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Jakarta: CV Budi Utama.

Downloads

Published

2021-08-26

Issue

Section

Table of Content | Articles