Pentingnya Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Mustafa Habib STKIP Al Maksum Langkat
  • Umi Masnah Sihombing Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Utia Rahmadani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Wirahayu Wirahayu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.56832/edu.v1i2.100

Keywords:

Manajemen Hubungan Masyarakat, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pentingnya suatu manajemen humas di lembaga pendidikan Islam. Pentingnya pendidikan formal juga sama dengan pentingnya pendidikan hubungan masyarakat. Sudah seharusnya, setiap lembaga pendidikan Islam mementingkan manajemen humas, karena di dalam ajaran agama saja hubungan masyarakat sangat diutamakan, yaitu menjalin silaturahmi antar sesama manusia untuk mempererat tali persaudaraan. Tugas humas yaitu melakukan kegiatan organisasi kerja yang diketahui oleh pihak luar secara luas. Kegiatannya dilakukan dengan menyebarluaskan informasi dan memberikan penerangan-penerangan untuk menciptakan pemahaman yang sebaik-baiknya bagi sebuah kalangan masyarakat luas mengenai tugas-tugas dan fungsi yang dimiliki organisasi tersebut, termasuk juga mengenai kegiatan-kegiatan yang sudah dikerjakan maupun yang sedang dikerjakan berdasarkan beban kerjanya. Dalam Pendidikan Manajemen Humas merupakan sebuah pengelolaan yang didalamnya terdapat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk menciptakan sebuah publik yang lebih baik lagi sehingga mampu menciptakan suatu organisasi pendidikan.

References

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Meneliti dan Membenahi Pendidikan dari Kelas). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Dakir. (2018). Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan Global. Yogyakarta. K-Media.

Hakim, Muhammad Nur. (2019). “Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto)” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.245.

Murni. (2017). “Konsep Manajemen Humas pada Lembaga Pendidikan Islam” Intelektualita, 5(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4352.

Nadeak, Bernadheta, et.al. (2020). Manajemen Humas pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Pohan, Zakirun. (2019). “Peran Humas (Public Relathions) pada Bidang Pendidikan” Sintesa: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan, 1(1).

Tendean, Christian S. (2013). “Peranan Humas dalam Pencitraan Universitas Sam Ratulangi Manado” Acta Diurna Komunikasi, 2(4). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/2614.

Downloads

Published

2023-08-11

Issue

Section

Table of Content | Articles