Kontribusi Kegiatan Mentoring Terhadap Pembentukan Karakter Kerja Keras Peserta Didik Kelas VIII di SMP-IT Adzkia Padang

Authors

  • Nur Anisah Riska Ramdhany STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Weni Yulastri STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Wira Solina STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.56832/edu.v1i1.14

Keywords:

Peserta Didik, Mentoring, Karakter Kerja Keras.

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya semangat peserta didik dalam belajar, hal ini terlihat dari adanya peserta didik yang kurang memiliki semangat dan kerja keras dalam menekuni setiap kegiatan yang ada di sekolah. Penelitian di kelas VIII SMPIT Adzkia Padang bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Kegiatan mentoring peserta didik. 2) Karakter kerja keras peserta didik. 3) Menguji seberapa besar kontribusi kegiatan kegiatan mentoring terhadap pembentukan karakter kerja keras peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik dikelas VIII berjumlah 127 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan propotional random sampling yaitu sebanyak 56 orang. Data penelitian diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan teknik persentase dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian di kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang menunjukkan 1) Gambaran kegiatan mentoring peserta didik berada pada kategori baik. 2) gambaran pembentukan karakter kerja keras berada pada kategori tinggi. 3) terdapat pengaruh kegiatan mentoring berkontribusi dalam pembentukan karakter kerja keras sebesar 27%. Artinya 73% dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk itu direkomendasikan kepada mentor dan guru untuk meningkatkan bagaimana proses kegiatan mentoring yang akan dilakukan kepada peserta didik di awal pertemuan kegiatan mentoring.

References

Arbaiatin Ulfa, F., & Jinan, M. (2017). Upaya Program Kegiatan mentoring Keislaman dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Assingkily, Muhammad Shaleh & Mikyal Hardiyati. (2019). “Analisis Perkembangan Sosial – Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2). http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/5210.

Assingkily, Muhammad Shaleh, dkk. (2019). “Kearifan Menyikapi Anak Usia Dasar di Era Generasi Alpha (Ditinjau dari Perspektif Fenomenologi)” Attadib: Journal of Elementary Education, 3(2). https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/572.

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2020). “Living Qur’an dan Hadis di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta (Studi Pendiidkan Nilai dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas 1-3)” Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=7378873448926004488&btnI=1&hl=id

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2020). “Upaya Mewujudkan Program Kampus Merdeka pada Kurikulum PGMI STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2). http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/263.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Miswar. (2020). “Urgensitas Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid-19)” Jurnal TAZKIYA, 9(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/836.

Assingkily, dkk. (2021). “Living Qur’an dan Hadis di Madrasah Ibtidaiyah (MI): Perspektif Teori Thomas Lickona” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 4(1). http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/9828.

Baroroh, K. (2011). Upaya meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui penerapan metode role playing. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(2).

Darmawan, Deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Huriani, E., & Malini, H. (2006). Mentorship sebagai suatu inovasi metode bimbingan klinik dalam keperawatan. Universitas Andalas.

Kaswan. (2012). Coaching dan Kegiatan mentoring, Untuk Pengembangan SDM dan Peningkatan Kinerja Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Koesoema, Doni. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Martoredjo. (2015). Peran Dimensi Kegiatan Mentoring Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal. Humaniora Vol.6 No. 444-452.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Mustari, Mohammad. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Novitasari, D., Haryanti, A., Arrobiah, A. I., & Salimi, M. (2017). Kegiatan mentoring Agama Islam Sebagai Alternatif dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Rosdiana, Y., Chotimah, U., & Kurnisar, K. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Kedisiplinan Dalam Kegiatan Kegiatan Mentoring di SMP Islam Terpadu Raudhatul Ulum Indralaya (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Suryadi, dkk. (2019). Hubungan Kemampuan Menyelesaikan Tugas-tugas Pelajaran dengan Hasil Belajar Siswa. Al Irsyad. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 9, No.2, Juni-Desember 2019

Takdir, Muhammad.I. (2012). Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yulastri, (2019). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Jurnal Internasional Humaniora.Vol. 335.

Downloads

Published

2023-08-11

Issue

Section

Table of Content | Articles