Strategi Manajemen Humas dalam Penerimaan Peserta Didik Baru

(Studi Kasus di MTsS Al-Washliyah Simpang Marbau, Labuhanbatu Utara)

Authors

  • Shazrin Syafiq Zachrofi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Tri Fatimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Wilianda Munthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Keywords:

Strategi Manajemen Humas, PPDB., PPDB, Strategi Manajemen Humas.

Abstract

Persaingan yang ketat antara lembaga pendidikan saat ini semakin terasa. Berbagai cara dilakukan oleh sekolah baik negeri maupun swasta dengan segala kelebihan-kelebihan yang dimiliki sekolah tersebut untuk dapat menarik perhatian masyarakat. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan peran humas dalam mempromosikan sekolah untuk menarik minat calon siswa baru dan mampu menaikkan citra sekolah. Melalui berbagai macam strategi dan pengelolaan humas yang tepat, maka sekolah akan dikenal dan diminati. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajemen humas dalam sekolah yang dilaksanakan oleh MTsS Al-Washliyah Simpang Marbau, Labuhanbatu Utara dalam penerimaan peserta didik baru. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pada pengumpulan data, teknik yang digunakan ialah melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi manajemen humas dalam penerimaan peserta didik baru oleh MTsS Al-Washliyah Simpang Marbau dengan menyampaikan atau mempromosikan program-program yang unggul di madrasah Tsanawiyah seperti seperti terlaksananya program Tahfiz Alquran, program kepramukaan, program-program lainnya seperti sholat berjamaah dan kegiatan promosi kepada masyarakat, pengajian, sosialisasi, dan lainnya. Sasaran dari humas di MTsS Al-Washliyah dalam PPDB meliputi dua hal, strategi publik internal dan strategi publik eksternal.

References

Aliyannata, Susana. (2016). Manajemen Strategi Humas dalam Promosi Penerimaan Siswa Baru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 SIMO tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis (online), diakses pada 15 Juni 2021.

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Meneliti dan Membenahi Pendidikan dari Kelas). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Frida, Kusumastuti. (2002), Dasar-Dasar Humas, Edisi pertama, PT. Ghalia Indonesia, Jakarta Selatan.

Maryam, Siti. (2016). Pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Adzkia Islamic School. UIN Syarif Hidayatullah.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, Hadari. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Cetakan Keempat. Yogyakarta: Penerbit Gajah Mada University Press.

Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. ALFABETA.

Simandjuntak, John P. (2003). Public Relations. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wijayawinagun, Roni. (2014). Efektivitas Promosi Kunjungan Sekolah pada Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi. Bogor: kampus IPB Dermaga.

Downloads

Published

2021-08-26

Issue

Section

Table of Content | Articles