Munasabah Al-Qur'an dan Relevansinya dengan Pendidikan Dasar Islam di Indonesia

Authors

  • M. Rofi Fauzi Sekolah Tinggi Pendidikan Islam Bina Insan Mulia Yogyakarta

Abstract

Berawal dari keterkaitan seorang muslim dengan Al-Qur’an, mulai dari membaca sampai mengkajinya, maka muncullah berbagai ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur’an, atau juga bisa disebut ‘ulumul Qur’an. ‘Ulumul Qur’an adalah ilmu yang membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan Al-Qur’an. Ada banyak sekali cabang dalam ‘Ulumul Qur’an dan akan terus bertambah selama kajian terhadap Al-Qur’an tetap dilakukan. Salah satu cabang dalam ‘ulumul Qur’an adalah munasabah Al-Qur’an. Penulisan karya ini menggunakan metode studi literatur, dengan tujuan untuk mengungkapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan munasabah Al-Qur’an serta relevansinya dengan pendidikan dasar Islam di Indonesia. Munasabah yaitu salah satu jenis ‘ulumul Qur’an yang didalamnya membahas tentang keterkaitan kandungan yang ada dalam Al-Qur’an, atau terintegrasi antara kandungan yang satu dengan yang lain sehingga Al-Qur’an dapat dipahami sebagai sesuatu yang utuh dan menyeluruh (holistik). Relevansi munasabah Al-Qur’an dengan pendidikan dasar Islam di Indonesia dapat diketahui dari tujuan dan kurikulum pendidikan dasar Islam di Indonesia.

References

Al-Qur’an Terjemahan dan Asbabun nuzul. Mushaf Al-Aziz. Departemen Agama RI. (2010). Surah Al-Hajj. Ayat 46.

Abu Zaid, Nasr Hamid. (2013). Tekstualitas Al-Qur’an: Kritik terhadap ‘Ulumul Qur’an. Yogyakarta: LkiS.

Anwar, Abu. (2005). Ulumul Qur’an: Sebuah Pengantar. Pekan Baru: Amzah.

Husni, Munawir. (2016). Studi Keilmuan Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Diniyah.

Iman, Fauzul. Munasabah Al-Qur’an. Al-Qalam. No. 63/XII/1997.

Lubis, Rahmat Rifa’i, et.al. (2020). “Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19: Tinjauan Metode dan Tujuannya pada Masyarakat di Kutacane Aceh Tenggara” Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2). http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/275.

Mahmudah, Nur. (2009). Mutasyabih Al-Qur’an dalam Era Formatif Tafsir.Yogyakarta: Idea Press.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Mukhtar, Naqiyah. (2013). Ulumul Qur’an. Purwokerto: STAIN Press.

Muslimin, Moh. (2005). Munasabah dalam Al-Qur’an. Jurnal Tribakti, 14(2).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 57 Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Solihin, Rahmat. (2018). Munasabah Al-Qur’an: Studi Menemukan Tema yang saling Berkorelasi dalam Konteks Pendidikan Islam. Journal of Islamic and Law Studies. 2(1).

Suma, Muhammad Amin. (2013). Ulumul Qur’an. Jakarta: Rajawali.

Supriyanto, John. (2013). Munasabah Al-Qur-an: Studi Korelatif Antar Surat Bacaan Shalat-Shalat Nabi. Jurnal Intizar. 19(1).

Suryadi, Rudi Ahmad. (2016). Signifikansi Munasabah Ayat Al-Qur’an dalam Tafsir Pendidikan. Ulul Albab. 17(1).

Syafaruddin, et.al. (2020). “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Bunayya Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8966

Ulfah, Tsaqifa Taqiyya, et.al. (2019). “Implementasi Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/tadibuna/article/view/7591.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2021-08-26

Issue

Section

Table of Content | Articles