Implementasi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial Siswa di SMP KHZ Musthafa

Authors

  • Intan Siti Rahmah UIN Sunan Kalijaga

Keywords:

Pembelajaran PAI, Sikap Kepedulian Sosil, Keteladanan, dan Targhib.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PAI dalam meningkatkan sikap kepedulian sosial siswa di SMP KHZ Musthafa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survey lapangan, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa implementasi pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah SMP KHZ Musthafa dalam peningkatan sikap kepedulian sosial siswa di antaranya adalah dengan menggunakan metode pendekatan agama, sebab seperti yang diketahui bahwa siswa di SMP KHZ Musthafa tersebut 90% tinggal di pondok pesantren. Sehingga dalam implementasi pembelajarannya di sekolah tersebut menggunakan pendekatan agama, dengan berdasarkan pada dua metode. Pertama, metode keteladanan artinya mencontohkan sikap atau perbuatan yang seharusnya dilakukan, jadi tidak hanya sebatas ceramah namun lebih pada memberikan contoh atau teladan kepada siswa. Kedua, metode targhib atau motivasi untuk senantiasa melakukan kebaikan. Kedua metode tersebut sudah terbiasa dilakukan denga dasar pijakan Al-Qur’an, As-Sunnah ataupun perkataan para ulama.

References

Adawiyah, Robiatul. (2018). Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran AlQuran dan Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Penanaman Sikap Peduli Sosial Pada Siswa Mts Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Pedagogia, Volume. 7, No. 1, Februari 2018.

Ariyunita, Noorrela. (2019). Implementasi dan Pembiasaan Karakter Kepedulian Lingkungan dalam Pembelajaran PAI di MAN Yogyakarta II. Jurnal Tarbawi, Vol. 16. No. 1. Januari - Juni 2019.

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2019). “Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2). http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/5210.

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Meneliti dan Membenahi Pendidikan dari Kelas). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Hafiz, Muhammad, & Kastolani. 2009. Pendidikan Islam Antara Tradisi danModernitas. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Imam, Hoirul dan Aida Arini. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Membentuk Kepedulian Sosial Siswa MTS. Buq’atul Mubarokah Pakalongan Sampang Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, Vol.2 No. 2, DOI: https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i2.374.

Rahmat. (2018). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berlandaskan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Tarbiyatuna, Vol. 2 No. 2 September 2018.

Saepudin, Juju & Komarudin Shaleh. (2018). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Institut Teknologi Bandung. Jurnal Al-Qalam, Volume 24 Nomor 2 Desember 2018.

Taufikurrahman dan Al Amin Nur Rofiq. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa di SMA Darul Karomah. Jurnal Ulûmuna: Jurnal Studi Keislaman, Vol.6 No.2 : Desember 2020.

Triatmini. 2011. Pengertian Kepedulian Sosial. (http://pembelpai.-blogspot.com/ 2010/01/bab-iii-kepedulian-sosial.html), diakses pada tanggal 03 Mei 2021.

Downloads

Published

2021-08-26

Issue

Section

Table of Content | Articles